PEMASARAN HUBUNGAN
Pemasaran hubungan ialah proses mengidentifikasikan dan menciptakan nilai dengan pelanggan individu dan berbagi manfaat sepanjang masa.
Prinsip
penjualan pribadi dan negoisasi yang dijelaskan sajauh ini berorientasi
pada transaksi karena tujuannya ialah menutup penjualan tertentu.
Tetapi dalam banyak kasus, perusahaan tersebut tidak mencari penjualan
langsung, melainkan membangun hubungan pemasok pelanggan jangka panjang.
Mereka
lebih menyukai pemasok yang dapat menjual dan mengirimkan beberapa
produk dan layanan yang terkoordinasi ke berbagai lokasi, yang dapat
dengan cepat memecahkan masalah yang timbul di tempat-tempat yang
berbeda dan yang dapat bekerja erat eengan tim pelanggan untuk
meningkatkan produknya.
Sumber: buku manajemen pemasaran jilid 12 (philip kottler dan kevin lane keller)
PEMASARAN HUBUNGAN MELIPUTI
a. Pemahaman :
Dimulai dari perusahaan
b. Fokus :
Didapat aktivitas yang diperuntukkan
c. Mengelola :
Bermitra dengan pelanggan mewujudkan manfaat bersama
DASAR-DASAR PEMASARAN HUBUNGAN
a. Partnership
Partnership
maupun kemitraan menunjukkan kepada pandangan perusahaan akan
pentingnya melibatkan stakeholder kepada program yang sedang
dilaksanakan.
b. Policy
Kebijakan
perusahaan menjadi dasar dari pada program pemasaran hubungan.
Perusahaan senantiasa menerapkan kebijakan dimana seluruh departemen
mejadi pemasar.
PEMASARAN HUBUNGAN TERHADAP PELANGGAN
Merupakan
strategi yang mengarah kepada aktivitas pemasaran yang diarahkan untuk
membentuk, mengembangkan dan mempertahankan hubungan secara sukses.
Selain itu juga pemasaran hubungan terhadap pelanggan mempunyai fungsi
yaitu ; harapan dan persepsi terhadap kinerja setelah pelanggan
menggunakan dan mendapatkan pelayanan, kepuasan pelanggan merupakan
modal dasra bagi perusahaan dalam membentuk loyalitas pelanggan.
Besarnya pengaruh pemasaran hubunungan terhadap pelanggan terhadap
loyalitas adalah sebesar 58,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain. Sehingga dapay disimpulkan bahwa morelasi antara pemasaran
hubungan pelanggan dengan loyalitas pelanggan adalah kuat dan memilik
hubungan yang positif.
Penjualan Personal
Perusahaan
perlu terus menerus memberikan pelatihan terhadap salespersonnya.
Mencapai target penjualan yang ditetapkan. Agar salesperson dapat
bekerja secara efektif, maka perlu memeperhatikan prinsip-prinsip atau
aspek-aspek dalam penjualan personal. Prinsip-prinsip dalam penjualan
personal antara lain profesionalisme, keterampilan negoisasi, dan
relationship.