Jumat, 29 Juni 2012

Tugas 14

ANGGARAN PERIKLANAN

Anggaran periklanan yaitu proses yang sederhana, yang memungkinkan seseorang untuk menerima alasan bahwa tingkat terbaik dari berbagai investasi yaitu tingkat yang dapat memaksimalkan laba. Asumsi ini mempengaruhi aturan untuk menetapkan anggaran periklanan, melanjutkan investasi dalam periklanan sepanjang pendapatan marginal.

FAKTOR MENETAPKAN ANGGARAN IKLAN

a.    Tahap dalam siklus hidup produk
Produk baru biasanya mendapat anggaran iklan yang besar guna membangun kesadaran dan mengupayakan pelanggan mencobanya.
b.    Pangsa pasar dan basis konsumen
Merek berpangsa pasar tinggi biasanya membutuhkan lebih sedikit pengeluaran iklan. Untuk membesar pangsa dengan meningkatkan ukuran pasar, diperlukan pengeluaran yang lebih besar.
c.    Persaingan dan gangguan
Dalam pasar memiliki sejumlah besar pesaing dan pengeluaran iklan yang tinggi, suatu merek harus diiklankan secara besar-besaran.
d.    Frekuensi iklan
Jumlah pengulangan yang diperlukan untuk menyampaikan pesan merek tersebut kepada konsumen mempunyai dampak penting terhadap anggaran iklan.
e.    Daya subtitusi produk
Merek-merek dalam kelas komoditas memerlukan iklan besar-besaran untuk membangun citra yang berbeda.
Sumber: buku manajemen pemasaran jilid 12 (philip kottler dan kevin lane keller)

METODE ANGGARAN PERIKLANAN YANG BISA DIBELANJAKAN

a.    Metode sesuai kemampuan
Ialah metode menetapkan anggaran periklanan berdasarkan kemampuan perusahaan. Metode ini mengabaikan peranan iklan sebagai investasi dan berpengaruh langsung pada volume penjualan.
b.    Metode persentase anggran penjualan
Perusahaan menetapkan anggaran iklan merek secara sederhana dengan menetapkan anggaran sebagai persentase volume penjualan yang lau atau yang akan datang.
c.    Metode anggaran pesaing
Metode ini menetapkan anggaran berdasarkan berapa besar pesaing membelanjainya.
d.    Metode sasaran dan fungsi
Metode ini menetapkan anggaran berdsarkan anggran yang spesifik, fungsi harus mencapai sasaran dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan fungsi tersebut.
e.    Metode pangsa pasar
Metohttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7429307970776707225#editor/target=post;postID=6925760236394237004de ini menetapkan anggaran berdasarkan berapa besar pangsa pasar perusahaan tersebut.
f.    Metode kombinasi
Metode ini harus mempertimbangkan efisiensi, sasaran dan fungsi yang spesifik, memelihara pangsa pasar, mempertimbangkan pesaing dan membandingkan dengan anggaran tahun lalu.
 
Refrensi: http://yoanastriana15.blogspot.com/2012/04/tugas-9-manajemen-penjualan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar