ANGGARAN PERIKLANAN
Anggaran periklanan yaitu
proses yang sederhana, yang memungkinkan seseorang untuk menerima
alasan bahwa tingkat terbaik dari berbagai investasi yaitu tingkat yang
dapat memaksimalkan laba. Asumsi ini mempengaruhi aturan untuk
menetapkan anggaran periklanan, melanjutkan investasi dalam periklanan
sepanjang pendapatan marginal.
FAKTOR MENETAPKAN ANGGARAN IKLAN
a. Tahap dalam siklus hidup produk
Produk baru biasanya mendapat anggaran iklan yang besar guna membangun kesadaran dan mengupayakan pelanggan mencobanya.
b. Pangsa pasar dan basis konsumen
Merek
berpangsa pasar tinggi biasanya membutuhkan lebih sedikit pengeluaran
iklan. Untuk membesar pangsa dengan meningkatkan ukuran pasar,
diperlukan pengeluaran yang lebih besar.
c. Persaingan dan gangguan
Dalam
pasar memiliki sejumlah besar pesaing dan pengeluaran iklan yang
tinggi, suatu merek harus diiklankan secara besar-besaran.
d. Frekuensi iklan
Jumlah
pengulangan yang diperlukan untuk menyampaikan pesan merek tersebut
kepada konsumen mempunyai dampak penting terhadap anggaran iklan.
e. Daya subtitusi produk
Merek-merek dalam kelas komoditas memerlukan iklan besar-besaran untuk membangun citra yang berbeda.
Sumber: buku manajemen pemasaran jilid 12 (philip kottler dan kevin lane keller)
METODE ANGGARAN PERIKLANAN YANG BISA DIBELANJAKAN
a. Metode sesuai kemampuan
Ialah
metode menetapkan anggaran periklanan berdasarkan kemampuan perusahaan.
Metode ini mengabaikan peranan iklan sebagai investasi dan berpengaruh
langsung pada volume penjualan.
b. Metode persentase anggran penjualan
Perusahaan
menetapkan anggaran iklan merek secara sederhana dengan menetapkan
anggaran sebagai persentase volume penjualan yang lau atau yang akan
datang.
c. Metode anggaran pesaing
Metode ini menetapkan anggaran berdasarkan berapa besar pesaing membelanjainya.
d. Metode sasaran dan fungsi
Metode
ini menetapkan anggaran berdsarkan anggran yang spesifik, fungsi harus
mencapai sasaran dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan fungsi
tersebut.
e. Metode pangsa pasar
Metohttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7429307970776707225#editor/target=post;postID=6925760236394237004de ini menetapkan anggaran berdasarkan berapa besar pangsa pasar perusahaan tersebut.
f. Metode kombinasi
Metode
ini harus mempertimbangkan efisiensi, sasaran dan fungsi yang spesifik,
memelihara pangsa pasar, mempertimbangkan pesaing dan membandingkan
dengan anggaran tahun lalu.
Refrensi: http://yoanastriana15.blogspot.com/2012/04/tugas-9-manajemen-penjualan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar