MOTIVASI TENAGA PENJUALAN
Motivasi
adalah unsur yang berhubungan dengan kepemimpinan dan pemilihan staf
yang terbaik dalam konteks wiraniaga. Motivasi dan kepemimpinan
dibutuhkan dalam menajemen penjualan untuk :
a. Mendorong orang menjalankan pekerjaan mereka dengan benar.
b. Mendorong orang berfikir mengenai pekerjaan mereka.
c. Mendorong orang untuk bersemangat.
Ada
tenaga penjual yang akan bekerja sangat baik tanpa dorongan khusu dari
manajemen. Oleh, karena itu. Tenaga penjual sering memerlukan dorongan
khusus untuk berusaha sebaik-baiknya. Manajemen dapat meningkatkan
semangat kerja dan kinerja armada penjual lewat iklim organisasi, kuota
penjualan dan insentif positif
1. Iklim Organisasi
Iklim
organisasi menggambarkan perasaan tenaga penjual mereka, nilai dan
penghargaan atas kinerja yang baik dalam perusahaan. Beberapa perusahaan
memperlakukann tenaga penjual seolah-olah tidak penting.
2. Kuota Penjualan
Perusahaan
menetapkan kuota penjualan bagi tenaga penjual standar yang menyatakan
jumlah penjualan yang harus mereka capai dan dari produk apa saja. Kuota
penjualan ditetapkan pada saat rencana pemasaran tahunan dikembangkan.
3. Insetif Positif
Perusahaan
juga menggunakan beberapa insetif untuk meningkatkan usaha armada
penjual. Rapat penjualan menjadi peristiwa sosial. Perusahaan juga
mensponsori perlombaan penjualan untuk memacu armada penjual
mengusahakan penjualan di atas apa yang biasanya diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar