Jumat, 29 Juni 2012

Tugas 10

TUJUAN PERIKLANAN

Periklanan ialah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Periklanan biasnya mencakup nama produk atau layanan produk bisa bermanfaat bagi pembeli.

Untuk menetapkan tujuan periklanan, harus berdasarkan keputusan-keputusan sebelumnya mengenai pasar sasaran, penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran. Setelah pasar sasaran, strategi penentuan posisi dan bauran pemasaran jelas, baru menetapkan tujuan periklanan. Tujuan periklanan juga dapat digolongkan menurut sasarannya : untuk memberi informasi, persuasi atau mengingatkan para pembeli, menambah nilai dan membantu aktivitas perusahaan.

PENETAPAN TUJUAN PERIKLANAN

Tujuan periklanan dapat diklasifikasikan berdasarkan maksdunya :
a.    Periklanan informatif (informative advertising) yaitu sebagai kategori produk untuk membangun permintaan awal, yang mungkin :
-        Memberitahu pasara tentang satu produk baru dan membangun citra perusahaan.
-        Menyarankan penggunaan baru dari satu produk.
-        Menginformasikan pasar tentang perubahan harga.
b.    Periklanan persuasif (persuasive advertising) yaitu untuk membangun permintaan selektif untuk satu brand tertentu. Contoh periklanan persuasif :
-        Membangun brand preference atau mendorong untuk pindah ke brand kita.
-        Membujuk pembeli untuk membeli sekarang.
-        Mengubah persepsi pembeli tentang atribut dari produk.
c.    Periklanan yang mengingatkan (reminder advertising) yaitu untuk mengingatkan orang dengan satu produk yang sudah mature. Contoh periklanan yang mengingatkan :
-        Mengingatkan pembeli bahwa satu produk akan diperlukan di masa mendatang.
-        Mengungatkan pembeli tentang tempat membeli produk tersebut.
-        Memelihara ingatan tetntang produk tersebut selama musim penjualan.

Refrensi : http://yoanastriana15.blogspot.com/2012/04/tugas-1-manajemen-penjualan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar