Rekrutmen tenaga penjualan
Dalam
suatu perusahaan dagang biasanya kemajuan perusahaan juga ditentukan
oleh para tenaga penjualannya. Sedangkan masih banyak tenaga penjualan
yang kurang kompeten, dan untuk masalah tersebut adalah dengan dimulai
dari manager pemasarannya. Seorang manager pemasaran harus mengerti
fungsi pokok dari manajemen penjualan yaitu perencanaan,
pengorganisasian dan pengendalian.
Selain
itu harus bisa memilih mana tenaga penjualan yang kompeten dan mana
yang tidak. Itu bisa dilkukan saat rekrutmen tenaga penjualan baru.
Sedangkan untuk tenaga penjualan yang lama tetapi kurang kompeten bisa
dilakukan pelatihan pada tenaga penjualan. Pelatihan tersebut mesti
dilakukan dengan baik dan terorganisasi. Pelatihan dimulai dari
perencanaan pelatihan, menyususn program pelatihan dan melakukan
penevaluasian pelatihan. Dengan dilakukan pelatihan terhadap tenaga
penjualan yang kurang kompeten diharapkan tenaga penjualan tersebut bisa
menjadi lebih bermutu dan dapat memajukan perusahaan tersebut.
Pembinaan Tenaga Penjualan :
1. Menetapkan jumlah wiraniaga suatu daerah :
dengan mengetahui kuota unitnya serta kemampuan jumlah wiraniaga, dapat diperkirakan jum;ah wiraniaga yang diperlukan.
2. Menetapkan persyaratan wiraniaga :
Misalnya persyaratan pengetahuan, keterampilan, kepribadian.
3. Menyeleksi wiraniaga :
Khususnya dalam hal-hala yang berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan khusus.
4. Pelatihan wiraniaga :
Manager menetapkan macam pelatihan apa yang diperlukan, membantu dalam membentuk latihan ditempat kerja.
5. Motivasi wiraniaga :
Hakekatnya motivasi wiraniaga dapat dilakukan dengan memberi intensiv ataupun bonus.
Sumber: http://vcho.wordpress.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar