Negoisasi
Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak -
pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang
berbeda dan bertentangan. Menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal. Negosiasi merupakan suatu proses saat dua pihak mencapai perjanjian yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan kompetisi.Termasuk
di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama
atau memengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu.
Negosiasi merupakan salah satu aspek penting dalam penjualan
personal. Dalam negosiasi kedua pihak yaitu penjual dan pembeli membuat
kesepakatan tentang harga, kuantitas, dan syarat-syarat lainnya. Dalam
negosiasi kedua pihak dapat saling tawar-menawar untuk membuat suatu
kesepakatan. Oleh sebab itu salesperson perlu untuk memiliki
keahlian dalam bernegosiasi. Dalam kondisi dan situasi tertentu
negosiasi merupakan kegiatan yang tepat menutup penjualan, terutama
ketika sudah ada zona kesepakatan/zone of agreement. Zona kesepakatan ini terjadi ketika hasil-hasil perundingan sudah dapat diterima oleh kedua pihak baik pembeli maupun penjual.
Dalam negosiasi, strategi adalah hal penting dalam penjualan secara
sukses. Strategi negosiasi adalah suatu komitmen terhadap pendekatan
yang menyeluruh yang berpeluang untuk mencapai tujuan perundingan.
Beberapasalesperson ada yang menggunakan strategi keras/hard sementara yang lain menggunakan strategi lunak/soft.
Seorang negosiator juga menggunakan taktik yang biasa disebut sebagai
taktik perundingan. Taktik ini seperti sebuah manuver yang dibuat
sesuai dengan kondisi tertentu. Taktik harus selaras dengan strategi
yang digunakan dalam bernegosiasi. Misal, jika ada pihak lain yang lebih
kuat maka kita dapat menggunakan taktik BATNA (Best Alternative to a
Negotiated Agreement). Taktik ini menjelaskan tentang bagaimana kita
harus dapat mengidentifikasi alternatif lain jika tidak terjadi
penyelesaian dengan menentukan standar-standar untuk mengukur setiap
tawaran. Sehingga kita bisa terbebas dari tekanan-tekanan untuk menerima
syarat-syarat yang tidak menguntungkan dari lawan yang lebih kuat.
Taktik lainnya adalah tanggapan yang dimaksudkan untuk menipum
membuat melenceng, atau memengaruhi perundingan tersebut. Seorang
negosiator harus pandai-pandai mengenali taktik yang digunakan lawannya
dan berusaha untuk menyusun taktik balasan agar tidak terjadi kerugian
dipihaknya.
Refrensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Negosiasi
http://communicationdomain.wordpress.com/2010/12/18/personal-selling/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar