Senin, 21 Februari 2011

*TUGAS SOFTSKILL 1 (14-02-2011 s/d 21-02-2011)*


1. Tentang kewarganegaraan

1.       Kompetensi apa yang diharapkan dengan adanya pendidikan kewargaanegaraan 
2.        Pendidikan kewarganegaraan akan menghasilkan sikap mental yang cerdas serta penuh rasa tanggung jawab. Sikap tersebut di atas akan disertai prilaku positif; sebutkan sikap-sikap tersebut

1. Kompetensi lulusan Pendidikan Kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab dari seorang warga negara dalam berhubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsafah bangsa, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

2.pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan  sikap mental  yang cerdas,penuh rasa tanggung jawab dari peserta didik. sikap ini disertai dengan perilaku  yang beriman dan bertaqwa kepada ketuhanan yang maha esa serta menghayati nila-nilai falsafah bangsa . berbudi perkerti luhur , berdisiplin dalam masyarakat  , berbangsa dan bernegara , Rasional , dinamis , dan sadar akan berkewajiban  sebagai warga negara , bersifat  profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara , aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi seni  untuk kepentingan kemanusiaan ,bangsa dan negara




  2. Bangsa dan Negara 

@     Jelaskan pengertian Bangsa dan Negara
@       Jelaskan mengenai teori terbentuknya negara
@       Sebutkan serta jelaskan unsur-unsur negara

#Bangsa adalah suatu solidaritas, suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu solidaritas yang dapat tercipta oleh perasaan pengorbanan yang telah lampau dan bersedia dibuat di masa yang akan datang. 

#Negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok manusia tersebut.


  # Teori terbentuknya negara

a. Teori Hukum Alam (Plato dan Aristoteles). Kondisi Alam => Berkembang Manusia => Tumbuh Negara.
b. Teori Ketuhanan Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan, termasuk adanya negara.
c. Teori Perjanjian (Thomas Hobbes) Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan, manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara–caranya. Manusia pun bersatu (membentuk negara) untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama.


#Unsur negara

            Unsur konstitutif maksudnya unsur yang mutlak atau harus ada di dalam suatu negara. Sedangkan unsur deklaratif hanya menerangkan adanya negara.
Adapun unsur-unsur negara yang bersifat konstitutif adalah harus ada rakyat, wilayah tertentu, dan pemertintahan yang berdaulat. Ketiga unsur tersebut bersifat konstitutif karena merupakan syarat mutlak bagi terbentuknya negara. Apabila salah satu unsur tersebut tidak ada atau tidak lengkap, maka tidak bisa disebut sebagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar